Madrasah Murottilil Qur'an Al-Rifa'ie

Adalah lembaga yang menangani pengembangan pembelajaran dibidang Al-Qur'an dengan target ijazah pengajar Al-Qur'an metode Qiro'ati yang menjadi syarat kelayakan mengajar TPQ/TKQ metode Qiro'ati.
Salah satu hasil MMQA ini adalah :
Juara I MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur'an ) tingkat dewasa putri se-Malang Raya tahun 2004.

4 komentar:

Happy Setiyawan Al Aqtos mengatakan...

Sudah menjadi hal yang lumrah di setiap pondok-pondok memberikan pendidikan baca Al qur'an dangan metode qiroati, tapi masalahnya banyak santri-santri itu lancar dalam membaca Al Qur'anul Karim akan tetapi tidak mengerti hukum bacaan, makhrijul harfi, dan pembagian huruf. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan tenaga ekstra dan ketlatenan dari para muallim. Cara yang bisa di gunakan seperti tanya jawab mengenai hukum bacaan dan tes baca setiap 2 minggu sekali. Insya ALLAH dengan cara tersebut santri bisa tambah cepat berkembang.^_^

Unknown mengatakan...

terlalu memanjakan santriwati dengan fasilitas !

Anonim mengatakan...

Fasilitas yg di berikan bertujuan untuk membuat pembelajaran di pondok lebih nyaman. Kalau nanti pada akhirnya berakibat manja atau negatif dr fasilitas tersebut maka itu tergantung pada diri santri tersebut. Niat dan tawadhu'nya yang perlu dijaga.

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas masukannya. Semoga Allah merahmati. Di alrifaie setiap hari setelah berdoa para santri akan membaca materi tajwid dan ghorib jadi mereka sudah tertancapkan bukan dg hafalan yg tiba" tapi karena sudah terbiasa membaca materi. Dan setiap hari setiap selesai membaca alquran para santri akan di tes sesuai materi yg dipelajari. Dan setiap akhir semester akan ada ujian quran dimana para santri akan dihadapkan dg 4 penguji dg kategori,kelancaran membaca, tajwid, ghorib, dan makhorijul huruf. Para santri akan disimak oleh seluruh santri dipondok menjadikan suasana ujian memgangkan tapi tetep khidmat. Saya rasa metode alrifaie sangat simpel dan jelas sehingga memudahkan para santri untuk belajar materi alquran.

Posting Komentar